Perawatan Tolak Jerawat Sariayu















Berawal dari jalan-jalan ke websitenya Sariayu, aku liat-liat produknya gitu. Awalnya sih tertarik sama produk dekorasinya, tapi gatau kenapa nalurinya orang punya masalah sama jerawat larinya ke produk anti jerawat. Nemu deh rangkaian-rangkaian produk anti jerawat.

Sebenernya ada banyak sih rangkaiannya, cuma budget aku adanya segitu jadi beli itu dulu aja. Lagian coba-coba dulu.
Hehe ;)

Tadinya aku orang yang males ribet-ribet perawatan, maunya yang simple, instan gitu. Tapi sekarang mau coba-coba jadi cewe ribet dah hahaha

Kita mulai review produk yang aku punya satu-satu.

1. Pembersih dan Penyegar Refreshing Aromatic Jeruk

Ga beda jauh sama pembersih n penyegar wajah lainnya, sama aja sih cuma aroma jeruknya yg bikin segerrr, kalo dibandingin sama Viva masih enakan ini, ini lebih cair jadi ga lengket-lengket banget pembersihnya. Kalo udah menyatu ga begitu oily ga kaya kebanyakan pembersih muka.

Kalo penyegarnya sih sama aja kaya yang lain. Lagi-lagi kalo dibandingkan dengan Viva ini sedikit lebih seger, aku pake penyegar Viva bisa ngrasain perih dikit gatau kenapa. 

Harga MTOS:
- Pembersih Rp 9.500
- Penyegar Rp 8.500

Harga Purwokerto:
- Pembersih Rp 7.850
- Penyegar Rp 7.025


2. Sariayu Sabun Tolak Jerawat


Yang ini namanya sabun tolak jerawat, sabun ini sih tulisannya untuk semua jenis kulit, biasanya aku liat kalo sabun jerawat gitu untuk kulit berminyak, tapi ini buat semua jenis kulit jadi yang kulitnya kering juga bisa pake.

Aku pake sabun ini setelah pake pembersih, jadi habis pake pembersih jeruk aku ga langsung pake penyegar, tapi aku cuci sisa pembersih pake sabun tolak jerawat ini, setelah itu dikeringin mukaku pake handuk barulah aku kasih penyegar.

Kenapa ga langsung pake penyegar? Ga tau juga sih (hahaha) tapi aku lebih suka cuci muka dulu, soalnya kalo langsung pake penyegar suka masih aga lengket-lengket gitu deh. Ini ga tau juga loh ya recomended by experts gak hahaha yang penting selama ini mukaku fine aja pake cara begini.

Wangi sabun tolak jerawat ini hampir kaya bau Lifebuoy Clear Skin juga wangi gitu khas. Coba aja, ga begitu kering kok di wajah. Kalo aku bandingin sama Lifebuoy Clear Skin, sariayu ini lebih smooth, kalo lifebuoy clear skin kering banget dimukaku.

Harga MTOS: 
Rp 15.000

Harga Purwokerto:
Rp 12.275 


3. Sariayu Lotion Jerawat

Sariayu Lotion Jerawat ini fungsinya sebagai obat jerawat biar cepet kering gitu. Ada campuran Belerang dan Champor-nya. Jadi kalo kita pake ini nyesss dingin karena ada Champor (itu lo yang sering ditemuin di balsem-balsem gitu) yang bisa bikin muka kita berasa semriwing. Efeknya sih bisa bikin mata kita pedih semriwing tuh kalo dipakein Lotion Anti Jerawat ini.

Selain champor ada juga campuran belerang. Yang paling aku ga suka dengan Lotion Anti jerawat yaitu bau belerang yang sangat menyengat di wajah kita. berasa lagi ada di Tangkuban Perahu deh kalo abis pake ini, Mmmhhh bau belerangnya kawan hueeekk, berhari-hari ga ilang. Sampe nempel di jilbab n sarung bantal.

Cara pake lotion ini yaitu ambil kapas, kocok botolnya biar campuran bisa campur rata, trus taruh dikapas (hadeuuh gimana sih ngomongnya? pokoknya kaya kalo pake penyegar gitu deh) trus baru deh ditutulin ke muka kita yang ada jerawatnya. Eh lotion ini buat jerawat ringan alias kecil-kecil aja yah..

Saran aku sih coba pake di muka yang ada jerawatnya satu spot dulu aja, buat ngetes ini cocok buat kawan-kawan sekalian enggak. Soalnya pengalaman aku pake ini awalnya fine aja, tapi besoknya mukaku ga beres, merah-merah gitu trus jadi bentol-bentol tapi samar-samar. Gak cocok kayanya. Akhirnya aku coba hentikan dulu beberapa hari, dan bener aja merah-merah n bentol-bentolnya mulai memudar.

Yang kulitnya sensitif mending coba satu spot dulu aja deh :)

Oiya setelah pake Lotion Anti Jerawat tunggu kering boleh dipakein bedak atau pelembab kok, kata mba-mba Sariayu nya ga ilang khasiatnya :)

Harga MTOS:
Rp 17.000

Harga Purwokerto:
Rp 13.900


4. Sariayu Intensive Acne Care/Mujisat Tolak Jerawat

Produk ini masih satu jenis dengan Lotion Anti Jerawat diatas. Efek dan cara pemakaiannya pun sama. Bikin mukaku merah dan gatal. Cuma bedanya ini buat jerawat yang meradang, dan lebih direkomendasikan untuk dipake pas mau tidur. Gitu ajah :)

Harga MTOS:
Rp 13.000

Harga Purwokerto:
Rp 10.900

5. Sariayu Bedak Jerawat Refreshing Aromatic

Bedak jerawat Sariayu ini walopun judulnya aromatic refreshing, tapi tetep ga bisa buat menutupi bau belerang yang menyengat dari lotion anti jerawat hehe

Tapi aku suka karena lembut banget, warnanya juga match dengan klitku yang cokelat kekuningan. Hampir sama sih kaya Pigeon Face Powder Translucent. Bagus sih cuma wajahku masih keliatan berminyak aja pake ini. Hehe

Hadeuuuhh belum menemukan bedak yang bikin mukaku ga kinclong karena minyak.

Kemasan bedak ini jelek banget old fashion (halah). Ga dipakein kotak pembungkus acan. Tapi overall ok lah pake bedak ini. No problem.

Harga MTOS:
Rp 16.000

Harga Purwokerto:
Rp 13.500

6. Sariayu Krem Masker Jerawat

Krem masker jerawat Sariayu ini menurut aku lumayan lah. Simple pakenya, ekonomis, ehem tapi aga borosan juga sih. Aku ga tau ini kalo Krem Masker dipakenya tebel-tebel kaya pake masker bubuk biasa atau tipis-tipis. Tapi selama ini aku sih pakenya ga begitu tebel, sedeng lah. Yang penting bisa mengeras aja deh tu maskernya hehe. Cara pakenya juga sama kaya lainnya, pake pembersih dulu, trus pake sabun muka atau facial foam, trus pake penyegar baru deh dipake nih maskernya diolesin kemuka sampe rata. Setelah itu dibilas pake air anget sampe bersih trus aku pake penyegar lagi atau air mawar. Tapi aku pakenya penyegar, soalnya ga punya air mawar hihi

Harga MTOS:
Rp 20.000

Harga Purwokerto:
Rp 16.500


Nah itu semua koleksi perawatan Sariayu Anti Jerawat punyaku, sebenernya masih ada lagi kayak Anti Acne Facial Foam buat cuci muka kalo bepergian (lebih simple dari sabun anti jerawat), Sariayu Facial Scrub(Krem Penghalus Wajah) Jeruk, Sariayu Pelembab Jeruk, Sariayu Krem Malam Jeruk, Sariayu Kaplet Jerawat, dan Sariayu Krem Masker Jeruk (kalo perlu, haha). 

Belum ada budget lagi buat coba sisa-sisa produk anti jerawatnya tuh, next time lah. sebenernya cuma pake pembersih, penyegar, sabun anti jerawat dan bedak anti jerawat udah cukup sih, minyak diwajah juga ga begitu mengkilat kaya biasanya.

Ada yang udah pernah nyoba semua?

Share dong :) 




65 comments:

  1. mbak , dimana ya bisa beli serangkaian produk sari ayu anti jerawat nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersih nih buka gue.segerrrrrrrr

      Delete
  2. hai oktaviani :)
    produk Sariayu banyak ditemui kok di supermarket gitu, di alfamart, indomaret jg ada cm kurang lengkap sih..
    atau kalau km mau belanja online bisa ke http://online.marthatilaarshop.com/
    lengkap kok hehe
    makasih ya udah berkunjung :)

    ReplyDelete
  3. efeknya kerasa g?
    beneran ngurangin jerawat + bekas jerawat?

    ReplyDelete
  4. kerasa sih terutama yang Sariayu Intensive Acne Care/Mujisat Tolak Jerawat bener-bener bikin jerawat kering kalo sama aku..
    kalo bekas jerawatnya ilangnya lama, mungkin hrs pake rangkaian Sariayu White :)

    ReplyDelete
  5. setuju banget sist...saya juga pake kaya produk SMT di atas....

    kalau untuk krim malam, sebenernya kita perlu nggak sih pake, pake krim malam jeruk/uv whitening sariayu?

    ReplyDelete
  6. Rangkaian produk jerawat ini cocok untuk semua kulit ga yaa?

    ReplyDelete
  7. aq uda coba masker jerawatnya... akhirnya muka.q jadi enggak berminyak lagi,, jerawat.pun juga kering... makasih ya, postingannya sangat berfanfaat sekali ;)

    ReplyDelete
  8. Zulfa, maaf ya semuanya aku baru buka blogger lagi.
    kalo menurut aku sih sejauh pake krem malam gitu cuma biin kulit kita berasa kenyal n lembab aja. eh tapi aku berhenti pake krem malam jeruk loh karena aku ngrasanya jd terlalu lembab banget nih pipi hehe

    ReplyDelete
  9. Hi Anonymous, kalo produk yg buat anti jerawat sih kayanya cocok2an aja yah. tapi untuk yg penyegar jeruk dll, pokoknya all about jeruk itu bisa digati ok sesuai dg jenis kuliat kamu.
    kalo sariayu ada 3 jenis, jeruk, mawar sama kenanga. tinggal sesuaikan aja sm jnis kulit kamu.
    kalo berminyak pake yg jeruk, kalo kering pake yg mawar, kalo kenanga itu buat kulit normal :)

    ReplyDelete
  10. veraquariusco , iya sama2, syukurla bisa bermanfaat bikiin muka makin cling ya.. xixixi

    ReplyDelete
  11. mbak mau nanya

    abis pke pembersih ,langsung pake penyegar ,baru pake facial foam ya?

    atau pake pembersih, trus facial foam, baru penyegar?

    agak bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku sih pakai pembersih dulu terus pake facial foam biar pembersihnya ga bersisa di muka, baru deh kita kasih penyegar.

      Delete
  12. mbak tanya dong,
    kalo pake sariayu yg Mujizat Tolak Jerawat itu caranya gimana? cuman ditotolin di jerawatnya aja, atau diolesin ke seluruh muka?
    sama recomended buat jerawat yang meradang apa aja nih?
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara pakainya cuma ditotolin aja ke yang ada jerawatnya ya, jangan satu muka nanti bisa-bisa muka kamu merah. Terus baunya kan juga ga enak bgt tuh bau belerang. Aku sih selama jerawatan meradang pernah pake Mujizat Tolak Jerawat Sariayu, sama Vitacid. Cuma Vitacid ga ngefek jeh sama aku.

      Delete
  13. aku udah cobain kaplet jerawat sariayu, di aku sih ngefek bgt, blm sampe sebungkus udh keliatan hasilnya, bahkan komedo2 yg biasa harus dipencet biar keluar lemaknya mulai ngilang lho. jerawat yang meradang jg mulai mengering. oya mba makasih postingannya yah, aku sengaja lagi cari tau komen2 org ttg produk sariayu dan nemu blog ini, jd tau ttg produk lainnya deh heheh... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada pencerahan baru nih. Sampai sekarang aku sih belum nyobain kapletnya. Itu kapletnya ada efek sampingnya ga selama kamu minum? Iya sama-sama, maaf baru balas juga soalnya baru sempet ngeblog lagi :D

      Delete
  14. umurku 14 thn, mukaku jerwatan tpi ga trlalu radang sih, cuma boleh gak aku pake bedak anti jrwatnya ajah? ga pke prwatan lain yg kaya mba nya. aku cuma mau nutupin bekas jerwatnya yg bikin muka aku item2 bkas jrawat malu hehe..
    trus boleh ga bdaknya dipake pas aktivitas shari2? biasanya kan suka luntur, apalagi mukaku gmpang kringetan.
    mohon sarannya yah ;) mksih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma bedaknya aja sih menurut aku gak apa-apa yah.. Lumayan ringan kok bedaknya. Aku juga pakai bedak ini buat aktivitas sehari-hari kok dan ga masalah, boleh dicoba. Cuma sekarang ini aku lagi pake bedak Marcks Venus, itu juga atas rekomendasi dokter kulit katanya formulanya ringan.

      Delete
  15. Suer ini produk bisa bikin ngurangi jerwat,,,,MANTAPPPP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeuh malunya baru bales komen2nya hehe
      Iya tadinya nampol mba, cuma setelah beberapa bulan ngefeknya berkurang. Jadinya aku malah pake LBC sekarang hehe

      Delete
  16. Ak blm pernah sih pke sariayu, slalu yg mustika ratu, rada bosen jg sih, hehe..
    Btw, ak jg minyak'n acne prone, pke bedak nya mentholatum enak bgt, tuh perusahaan nya Acnes, mereknya face on face, nyerap minyak klo di ak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kita malah kebalik, aku ga pernah pake produk Mustika Ratu sama sekali. Hehe
      Ogt, emang itu bedak padat atau loose powder yah?

      Delete
  17. Oiya krn mentholatum tuh produknya Acnes, Lip Ice, and Rohto jd belinya di stand mereka, klo ak.di toko kosmetik uda ada stand tersendiri, hrg termasuk standar sih, tp lupa brp
    Salam dr Semarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah tapi di Purwokerto susah banget buat nyari Acnes yang komplit, apalagi nyari Face on Face. Disini yang lengkap cuma Lip Ice mbak.

      Delete
  18. Hai..salam kenal..mau share donk..mukaku skrg lagi jerawatan bgt trus temen krja ku saranin pake lotion antijerawatnya,,aku udh 3 hari peke..enak seh dipake. Produk ini keringin jerawat ya?? Tpi ko klu siang hari aku ngerasa jerawatku kaya ada putih2 gitu kaya mau ngeluarin jerawatnya...memang gitu ya efek pemakaian lotion jerawatnya.????
    Makasi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngeringin jerawat sih iya, tapi kalau siang-siang bikin jerawat ada putih-putihnya gak tau tuh. Kalau sama aku nggak gitu. Mungkin reaksi tiap orang beda-beda kali ya.

      Delete
  19. Tadi ke carrefour itc depok tadinya mai beli rangkaian pembasmi jerawi dr SMT tp gak lengkap...hikss
    cuma dapet lotion jerawat,facial foam n bedak tabur ajahh...:'(
    padahl pngen banget beli intensive acne care,masker jerawat n kaplet jerawat tp gak adaa...
    Apesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa mbak dicoba dulu satu-satu, kayak aku juga belinya nyicil hehe
      Gimana udahan sembuh jerawatnya?

      Delete
  20. mba yg intensive anti jerawatnya itu dipakenya ditutul aja apa gimana? terus klo yg lotion buati di pagi hari itu kesemua muka apa ke jerawatnya aja ditutulnya, makasih :)
    bales ya mba, ditunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bales, aku baru sempet ngeblog nih :p
      Kalau lotionnya sih sebenernya diolesin seluruh muka bisa. Tapi pas aku nyoba kayak gitu eh mukaku langsung memerah. Mungkin karena ada champornya kali ya. Jadi aku totol2in aja deh pakai kapas. Lagian kalau diolesin seluruh muka beuh baunya gak nahan.

      Delete
  21. q gak cocok dg produck ini,,, mukanya mlh kayak ancurrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mukanya cocok-cocokkan emang. AKu yang tadinya pake ini cocok juga lama-lama efeknya memudar. Sekarang malah pake LBC. Udah cape coba-coba produk drugstore :(

      Delete
    2. lbc itu apa?

      Delete
    3. Mba Ike : LBC maksudx ( London Beauty Canter ) ya...
      Klinik kecantikan ya ?

      Delete
  22. @anonymous yap, di kocok terlebih dahulu intensive anti jerawat nya, baru di totol ke jerawat besar nya :)

    ReplyDelete
  23. sist , kalo sudah pakai busa pembersihnya kudu pakai sabunnya juga gak? bedanya apa tho?

    terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah sis, satu aja cukup kok. Kalau aku sih emang sedia dua-duanya. Yang sabun biasanya buat di rumah. Kalau travelling kita bawanya yang facial foam biar lebih simple aja. Sebenernya kandungannya sama aja kata mbak-mbak SPGnya.

      Delete
  24. mau tanya dong,, klo mau pake krem malem jeruk tp sebelum nya pake lotion jerawat nya dulu apa gpp??
    jd gini urutan nya pembersih-foam-penyegar-lotion-krem malem,, bener ga??
    makasih sebelmu nya,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bales, maaf juga kalau jawabannya kurang membantu. Aku dulu sih bener pakenya kaya gitu. Cuma gak tau yang disaranin emang kayak gitu atau bukan. Sekarang aku udah gak pake produk ini lagi karena efeknya udah gak sebagus dulu.

      Delete
  25. mbak, beli kaplet jerawat itu dimana ya ?
    di supermarket apa apotek ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di supermarket gitu biasanya di counter Sariayunya, coba bisa tanya sama mbak SPGnya :)

      Delete
  26. minum kapletnya juga gak? itu ada efeknya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ga minum kapletnya mbak, jadi ga tau ngefek atau gak :)

      Delete
  27. cocok buat pria dan kulit berminyak ga...k???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok-cocokan aja sih sebenernya, bisa dicoba. Dulu waktu jaman om saya masih bujang juga suka pake masker Sariayu seminggu sekali :)
      Iya bisa kok, rangkaian ini memang buat kulit berminyak & berjerawat :)

      Delete
  28. salam kenal,,mau tanya udah pernah nyoba yang pakai dari dalam belum produk marta tilaar juga "Kaplek Jerawat" di bales y...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba baru bales, saya belum pernah nyoba kapletnya Sariayu, Kalau yang pengobatan dari dalam saya pernah coba Kapsida udah habis ada 3 botol ga ngefek mba :(

      Delete
  29. kalo buat jerawat nasi gimana mbak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jerawat nasi maksudnya jerawat gede yang meradang terus ada matanya atau jerawat kecil-kecil yang putih?
      Kalau yang meradang gede-gede itu dulu saya pake yang Sariayu Intensive Acne Care/Mujisat Tolak Jerawat. Tapi kalau buat jerawat kecil-kecil kayak bruntusan gitu saya pakenya yang Sariayu Lotion Jerawat. Semoga membantu :)

      Delete
  30. Wuach,saya mau coba juga dech....infonya sangat membantu,,,thankz ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak.. Semoga masalah jerawatnya cepat teratasi :)

      Delete
  31. Thanks ya infonya

    ReplyDelete
  32. Mbak,nyari bedak nya susah bgt,di carrefour aja ga ada,nyari dimana lagi ya mbak?kalo aku pake perawatan sariayu tp bedak nya acnes kira-kira bisa ga ya?kasih pendapat ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru ketauan komennya :(
      Wah kok bisa susah ya? Padahal aku kira gampang ditemuin. Coba mbak cari supermarket yang ada SPG Sariayu nanti bisa tanya yang jualan dimana. Kalau ga pesen online aja mba :)
      Sebenernya sih gak apa-apa beda merk asalkan bedaknya tabur. Saya sekarang udah gak pake Sariayu lagi, tapi bedak saya selalu bedak tabur karena yang paling pas buat kulit berminyak & berjerawat :)

      Delete
  33. Ni onderdil manjur banget mbk, dulu pas msh jerawatan aq udah coba berobat ke dokter spesialis trs udh coba juga perawatan di salon yg lumayan mahal lah tp tetep aja jerawatnya balik melulu.... ya selain aq nya juga org yg malas2an aq jga nggak mw ribet2 bolak balik bwt facial ama ngapelin dokter... hihihihi... akhirnya pas msh dinas di tegal aq lihat stand sariayu trs ada yg khusus jerawatan. Iseng coba beli paket lengkap yg kayak mbak. Cuma yang makin aq gembor2in pas pemakaian maskernya mbk. jd maskernya itu aq pake 3 hari sekali pas mau bobok. Untuk perawatan yang lain seperti biasa aja. Alhamdulillah nggak sampe 1 bulan, mukaku udah mulus banget... hohohoho.... emang mesti kembali yang ke alami deh kayaknya.... Sekarang aq msh setia pake sariayu cuma perawatannya udh dikurangi juga frekuensi pake maskernya. Paling sebulan sekali, yang penting nggak pernah cuci muka aja pake sabunnya pas mau wudhu..... selamat mencoba ^,^

    ReplyDelete
  34. Paling sebulan sekali, yang penting nggak pernah cuci muka aja pake sabunnya pas mau wudhu..... selamat mencoba ^,^.... edit mbak.... maksudnya "Paling sebulan sekali, yang penting nggak pernah lupa cuci muka aja pake sabunnya pas mau wudhu..... selamat mencoba ^,^" hadeh maklum udah tua.... hohohoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini mbaknya beruntung banget bisa manjur pake rangkaian Sariayu. Saya malah udah berenti gak pake lagi loh mbak :(
      Gara-garanya temen-temen komplen bau, terus udah gitu lama-lama ok gak nampol dan jerawat makin nambah banyak aja. AKu serang malah pake LBC tapi gak rutin pakenya sih takut ketergantungan :)
      Nice share mbak Ratna :)

      Delete
  35. Kalau cara pake secara berurutan gimana mba? Muka ku jerawat berminyak terus kusam apa cocok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ditanya cocok atau gak sebenernya tergantung kulit kita mbak. Produk pasar kayak gini sebenernya cocok-cocokan. Jadi bisa dicoba dulu, kalau ga cocok berenti pake :)
      Urutannya sih saya pake susu pembersih dulu habis itu baru cuci muka pake sabun/facial wash, terus nanti pake penyegarnya. Kalau penyegarnya dulu saya cuma kadang-kadang aja sih. Lebih langsung pake lotion jerawatnya ditutul2in aja atau oles tipis-tipis aja. Habis itu baru deh pake bedaknya.
      Semoga membantu ya mbak Rani :)

      Delete
  36. Jerawatku meradang bagian kedua pipi apalagi bagian dagu lebih parah -_- (hiks) semua produk pengobatan sudah saya coba sampe ke dokter kulit (emg sih efek) tp setelah itu jerawatnya tumbuh lg malah lebih banyak -_- (galau mampus)ga PD kalo ke kampus dengan wajah jerawatan kyk gin -_- minta sarannyadong mbak cara mengatasinya biar ga tumbuh meradang lagi??? Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sekarang udah berenti pake Sariayu karena lama-lama ga nampol di muka saya. Sekarang saya malah pake LBC, cuma ga rutin sih takut ketergantungan. Jerawatnya lumayan berkurang, paling membandelnya kalau mau haid tuh banyak banget dan gede2. Itu wajar karena emang hormon.
      Jerawat juga bisa karena makanan loh mbak Iren..
      Kata dokter di LBC kalau bisa kurangin makan berminyak dan pedas karena memicu jerawat tumbuh lebih banyak. Terus juga kebersihan muka. Yang penting rajin cuci muka tapi jangan terlalu sering. Kalau mbaknya muslim sebenernya pas wudu aja juga cukup, paling sama sebelum tidur.
      Saya selama ini cuma bisa nerapi cara-cara itu. Khususnya makan pedes bener-bener saya kurangin dan alhamdulillah ngefek :)

      Delete